Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Senin 24 Juni 2019, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat mengadakan pertemuan lintas sektor dengan tema “Koordinasi Tata Laksana Penanganan Gizi Buruk Kota Cilegon. 


Kegiatan pertemuan ini diikuti kurang lebih 50 peserta dari lintas sektor terkait unsur Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Pendidikan, Instalasi Gizi RSUD, PKK dan Forum Kader, Serta Unsur Puskesmas se-Kota Cilegon (TPG dan Dokter Koordinator) dengan narasumber H. Ahmad Drajat, SKM, MKM Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan  Provinsi Banten dan Muhammad Ansori,  SKM, MKes. Kabid Konsumsi dan Keamanan  Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten.


 


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190624_102349.jpg


 


Menurut Dra. Evelyn Yolanda.P, Apt, MKM selaku Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Koordinasi lintas sektor tata laksana penanganan gizi buruk ini bertujuan agar penyelesaian masalah gizi dapat dilakukan secara bersama-sama, tidak hanya melalui sektor kesehatan saja (pendekatan spesifik) tetapi juga melalui semua sektor terkait (pendekatan sensitif).


 


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190624_101956.jpg


 


Penanggulangan masalah gizi dilakukan dari semua sektor, intervensi yang dilakukan oleh sektor kesehatan (intervensi spesifik) hanya memberikan kontribusi penyelesaian masalah sebesar 30 %, sedangkan kontribusi terbesar ada pada intervensi sensitive yang melibatkan lintas sektor sebesar 70%, demikian paparan dr. Arriadna Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon dalam sambutannya.


 


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190624_101447.jpg


 


Lebih lanjut Kepala KLOK BPJS Kesehatan Kota Cilegon Aang M Muchyi menginformasikan, dengan adanya MoU/Perjanjian Kerjasama antara pemerintah Kota Cilegon dan BPJS Kesehatan, pasien gizi buruk (termasuk yang cito dirawat) yang belum memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-KIS BPJS Kesehatan dapat mengajukan/mendaftarkan ke Dinas Sosial Kota Cilegon dan kartu JKN bisa langsung dapat digunakan (status kepesertaan langsung aktif).


 


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190624_101842.jpg

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id