Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Rabu 03 Juli 2019, Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengadakan pertemuan sosialisasi penyakit menular HIV/AIDS kepada Karang Taruna di Aula Dinkes.


Kegiatan sosialisasi ini dihadiri 43 orang Karang Taruna perwakilan dari Kelurahan se-Kota Cilegon, dengan Nara Sumber Utama Kepala Dinas Kesehatan dr. Arriadna, Kepala Bidang P2P drg. Niniek Harsini, M.Kes dan dr. Hj. Sri Rezeki Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190703_101600.jpg


Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dr. Hj. Sri Rezeki menjelaskan, Sosialisasi HIV AIDS ini merupakan salah satu cara agar masyarakat umum khususnya Karang Taruna mengetahui bagaimana cara mencegah penularan HIV AIDS sehingga diharapkan tidak ada lagi kasus baru HIV AIDS sejalan dengan rencana strategis program HIV/AIDS “Getting to Three Zeroes ( Zero Kasus Baru, Zero Stigma & Diskriminasi dan Zero Kematian akibat AIDS). Peserta sosialisasi juga diharapkan dapat menyebarluaskan informasi terkait HIV AIDS kepada keluarga, saudara dan lingkungannya masing-masing sehingga semakin banyak masyarakat mengetahui tentang pencegahan dan penularan HIV AIDS, lanjutnya.


Kota Cilegon merupakan daerah matra pelabuhan, daerah industri, perdagangan dan jasa, serta dekat dengan ibukota sehingga mobilitas penduduk tinggi, termasuk ekspratriat, pendatang dari luar negeri maupun daerah lain ke Kota Cilegon. Kondisi ini menjadikan Kota Cilegon potensial dalam penyebaran HIV dan AIDS, demikian disampaikan dr. Arriadna dalam sambutannya.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_20190703_103442.jpg


Jumlah kasus HIV dan AIDS di kota cilegon sejak tahun 2005 sampai dengan  bulan Mei 2019 sebanyak 788 kasus, dan 228 kasus meninggal dunia. Faktor resiko penyebab HIV/AIDS tertinggi dikota Cilegon adalah karena hubungan seksual. Selain melalui hubungan seksual data yang meningkat secara signifikan adalah penemuan kasus pada lelaki seks lelaki (LSL) yang mengalami peningkatan dari tahun 2017 sebanyak 33 kasus dan pada tahun 2018 sebanyak 45 kasus.


Melihat data tersebut yang mengalami peningkatan setiap tahun, menuntut perhatian semua pihak tidak hanya para tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetapi juga seluruh masyarakat kota cilegon, lanjut dr. Arriadna dalam paparannya.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img-20190704-wa0007.jpg


Dengan sosialisasi penyakit menular HIV/AIDS ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan informasi tentang HIV/AIDS serta layanan kesehatan yang memberikan pelayanan pemeriksaan HIV/AIDS. Sehingga seluruh masyarakat dapat berperan aktif dalam  meningkatkan upaya penanggulangan HIV/AIDS.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img-20190703-wa0000.jpg

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id