Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009, pasal 1 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga menyebutkan bahwa Keluarga Berencana (KB) adalah upaya mengatur kehamilan melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak-hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas.


KB


Secara operasional pengelolaan program KB memerlukan keserasian hubungan yang saling tergantung dan saling mendukung sebagai suatu kesatuan sistem antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar sasaran program dapat tercapai. Ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon dr. arriadna


 Adanya kebijakan desentralisasi yang menyerahkan sebagian kewenangan program KB dari pusat kepada pemerintah dan kabupaten/kota memberikan permasalahan tersendiri, selama ini pelaksanaan manajemen program KB didominasi oleh BKKBN terutama segi pendanaan, pengadaan alokon, KIP/K, advokasi, pelatihan-pelatihan untuk provider maupun petugas lapangan termasuk Sistem Informasi KB dari jajaran kesehatan merasa kurang memiliki program KB, meskipun program KB merupakan salah satu program pokok puskesmas dan yang harus dilaksanakan oleh setiap kabupaten/kota.


Oleh karena itu, perlu penguatan manajemen para pengelola program KB baik di tingkat puskesmas maupun lintas sektor terkait agar mampu mencapai target yang telah ditetapkan dan terpenuhinya ketersediaan SDM serta pelayanan berkualitas yang juga didukung dengan ketersediaan Alokon / Alat Kontrasepsi yang memadai.


Dengan adanya kegiatan ini Dinas Kesehatan Kota Cilegon umumnya dan khususnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon berharap para pengelola program KB pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon beserta jajarannya dapat menyediakan data hasil pelayanan secara akurat dan mampu memantau pencapaian program pelayanan KB secara berkesinambungan di suatu wilayah, sekaligus mampu mengidentifikasi secara dini permasalahan yang ada di wilayah kerja masing-masing serta menetapkan intervensi yang diperlukan dan dengan adanya kegiatan ini, kita bersama-sama berkomitmen seingga pelayanan KB yang berkualitas dapat di tingkatkan.


KB2


Peserta yang hadir pada acara Rapat Koordinasi (Round Table) program Keluarga Berencana antara lain : Ibu DRA. Heni Anita Susila, M.Pd dari DP3AKB, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Seksi Kesga-Gizi, 8  Kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan yang terkait.


KB3

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id