Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.


Germas dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa, pemerintah pusat maupun daerah, dunia usaha, dunia pendidikan, organisasi kemasyarakatan, individu, keluarga serta masyarakat.


Kegiatan advokasi dan sosialisasi dihadiri oleh Anggota Komisi V Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Pemda Kota Cilegon, Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.


Germas


Beberapa Kegiatan tentang Germas  sudah dilaksanakan dikota cilegon antara lain: 1. Launching Program Germas Tingkat Kota Cilegon bersama PT. Chandra Asri 2. Mengadakan Sosialisasi dan Kampanye Germas bersama Organisasi Al-Hidayah Kota Cilegon. 3. Sosialisasi Germas pada Instansi Pemerintah dan Institusi Kesehatan Se-Kota Cilegon. 4. Mengadakan MoU dengan Ormas Senam yang ada di Kota Cilegon. 5. Pengukuran tingkat kebugaran tubuh (Rockport) kepada ASN di Kota Cilegon. 6. Gebyar Anak Sehat dan Gerakan Makan Buah dan Sayur. Ungkap ASDA 1 Kota Cilegon Drs. H. Taufiqurrohman, S. MPd.


Menurut Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan payung hukum pelaksanaan Germas di tingkat pusat dan daerah. Pemerintah Daerah menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)


Dalam bentuk kebijakan internal (Surat Edaran) untuk membudayakan hidup sehat di Instansi masing-masing. Misalnya: untuk kegiatan olahraga, konsumsi buah dan sayur setiap hari, pemeriksaan kesehatan/deteksi dini berkala, penerapan kawasan tanpa rokok (KTR), penyediaan sarana ruang menyusui, penyediaan air bersih dan sarana sanitasi yang baik dan sebagainya.


Germas


Advokasi dan Sosialisasi Germas di Kota Cilegon dimulai pada tanggal 15 Oktober 2018 yang bertempat di Kecamatan Ciwandan, 16 Oktober 2018 bertempat di Kecamatan Cilegon, 17 Oktober 2018 bertempat di Kecamatan Cibeber, 22 Oktober 2018 di Kecamatan Citangkil, 29 Oktober 2018 di Kecamatan Pulomerak.


 


germas


germas


 

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id