Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Post Training Aplikasi Satu Data Kesehatan (DHIS2) District Health Information Software dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon selama 3 hari (12,13,14 Desember 2018). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Team Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan selaku narasumber kegiatan DHIS2, Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha dan anggota yang terlibat dalam program DHIS2.


District Health Information Software versi 2 (DHIS2) merupakan aplikasi yang dapat menjembatani (bridging) antar sistem-sistem tersebut sehingga dapat menjadi salah satu solusi untuk membangun sistem informasi kesehatan yang mumpuni di suatu kawasan atau negara. District Health Information Software versi 2 (DHIS2) pertama kali dikembangkan oleh oslo university adalah suatu sistem aplikasi yang terintegrasi untuk membantu para operator, programmer, perencana, dan pengambil kebijakan dengan kemampuan mengumpulkan, menggabungkan, memproses, menganalisis dan menggunakan data dan informasi kesehatan untuk berbagai kebutuhan seperti diseminasi informasi, komunikasi data, pengambilan keputusan dan tindak lanjut, mengontrol kualitas data, menyediakan data dalam bentuk tabel, grafik, dan map, menghitung indikator, target, dan pencapaian, menyediakan umpan balik, keamanan data, dan sebagainya.


dhis


Konsep kerja DHIS2 adalah mengintegrasikan kelompok dataset esensial dan dataset elektronik lain untuk selanjutnya disatukan ke dalam suatu plaform yang multi-akses dan mudah disebarluaskan. Ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr. H. Hana Johan, Mars


Lepas dari banyaknya fungsi yang terdapat dalam DHIS2, pendekatan implementasi yang digunakan di indonesia adalah DHIS2 sebagai data warehouse dan alat visualisasi data. idenya adalah banyaknya sistem pencatatan pelaporan kesehatan yang bersifat vertikal di indonesia namun belum saling berkomunikasi satu sama lain. padahal antar program ini, diperlukan koordinasi dan komunikasi untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran dan tajam, misalnya komunikasi antara program TB dan HIV, kemudian KIA dan imunisasi dan gizi, misalnya, dan lain sebagainya.


Peningkatan kualitas pelayanan adalah salah satu isu yang sangat krusial dalam manajemen, baik dalam sektor Pemerintah maupun sektor Swasta. Hal ini terjadi karena di satu sisi tuntutan masyarakat terhadap perbaikan kualitas pelayanan dari tahun ke tahun menjadi semakin besar, sedangkan disisi lain, praktek penyelenggaraan pelayanan tidak mengalami perbaikan yang berarti.


Salah satu aspek penting dalam pembangunan cilegon sehat adalah Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang baik. SIK diperlukan untuk menjalankan upaya kesehatan dan memonitoring agar upaya tersebut efektif dan efisien. Oleh karena itu, data informasi yang akurat, pendataan cermat, dan keputusan tepat kini menjadi suatu kebutuhan. Kegiatan pengembangan SIK ini meliputi pengembangan regulasi dan standar (road map dan pengembangan petunjuk teknis SIK), pengembangan bank data dan pengembangan satu data kesehatan di kota cilegon menjadi hal yang penting agar data yang dihasilakan evident base


dhis


dhis


dhis


Setelah kegiatan Post Test Post Training DHIS2 Kota Cilegon dilakukan presentasi Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang dibuat oleh masing-masing Bidang Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang akan dilakukan di masing-masing Bidang Dinas Kesehatan dan Puskesmas setelah acara ini selesai.


dhis


dhis


dhis


dhis

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id