Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Evaluasi Cakupan Data Pembangunan Kesehatan Tahun 2018

  • administrator
  • 2019-02-06
  • 09:54:00 WIB

Dinas Kesehatan Kota Cilegon pekan lalu (28 Januari – 1 februari 2019) melakukan evaluasi cakupan data  pembangunan kesehatan tahun anggaran 2018.  Dalam kegiatan tersebut dilakukan pembahasan sejumlah indikator kinerja kesehatan dalam upaya memenuhi sasaran dan tujuan Cilegon Sehat.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_7929.jpg


Kepala Dinkes Kota Cilegon Dr. Arriadna menjelaskan hasil dari kegiatan evaluasi capaian data pembangunan kesehatan itu menjadi bahan laporan tahunan Dinas Kesehatan dan akan disampaikan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wlikota Cilegon.


  “Artinya datanya menjadi valid saat kami sudah melakukan evaluasi karena ada analisa-analisa dari capaian pembangunan kesehatan tersebut.”papar Arriadna.   Menurutnya, Dinkes tidak mau memberikan data yang tidak sesuai fakta. Bila kondisi di lapangan terdapat sejumlah capaian pembangunan kesehatan yang belum optimal hal itu menjadi bahan evaluasi dalam menentukan arah kebijakan Dinas Kesehatan kedepannya sehingga hasilnya menjadi optimal. “Dari hasil evaluasi ini kita tahu mana yang harus kita dorong dalam komposisi anggaran tahun berjalan atau tahun berikutnya.” Papar Arriadna.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_7930.jpg


Dinas Kesehatan  merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang  mempunyai tanggung jawab terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Beberapa indikator pembangunan  kesehatan yang berkaitan dengan IPM adalah Angka Harapan Hidup (AHH), Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Bayi, angka kesakitan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat masyarakat.  Dinkes juga membutuhkan stakeholder lainnya dalam upaya pencapaian target indikator-indikator tersebut. Ujarnya


Sementara Sekretaris Dinkes Kota Cilegon Dr.H. Hana Johan S, MARS  menambahkan, inti rapat evaluasi capaian pembangunan kesehatan itu adalah upaya mengevaluasi program dan kegiatan yang telah berjalan pada tahun anggaran 2018 dan hasilnya dijadikan bahan rekomendasi perbaikan yang diintegrasikan pada perencanaan tahun anggaran 2019/2020 sehingga pelaksanaan di tahun 2019 diharapkan lebih baik dan optimal dari tahun sebelumnya.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_7937.jpghttp://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8130.jpg


Menurutnya evaluasi ini perlu dilakukan agar program pemerintah bisa lebih terarah pada hal yang benar-benar dibutuhkan sehingga  kebijakan bisa lebih proporsional dan sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8137.jpg


 


Berita ini di publikasi oleh Subbag Program Informasi dan Humas Dinkes Cilegon

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id