Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Senin 04 Februari 2019, Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengadakan pertemuan Sosialisasi Layanan Voluntary Counseling And Testing (VCT) Lintas Sektoral di Aula Dinas kesehatan. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, DP3AKB dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Sektor pemerintah hadir Bagian Sosial dan Kesra Setda, POLRES Kota Cilegon, Kodim, LANAL Banten, Satpol PP, KSOP, ASDP, BPTD Wilayah VIII Prov Banten, LAPAS Kelas III Cilegon, Kemenag, dan Camat se-Kota Cilegon. Sektor lain terkait yang hadir antara lain, MUI, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang NU Kota Cilegon dan Koperasi TKBM.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8220.jpg


Kota Cilegon merupakan daerah matra pelabuhan, daerah industri, perdagangan dan jasa, serta dekat dengan ibukota sehingga mobilitas penduduk tinggi, termasuk ekspratriat, pendatang dari luar negeri maupun daerah lain ke Kota Cilegon. Kondisi ini menjadikan Kota Cilegon potensial dalam penyebaran kasus HIV dan AIDS, demikian disampaikan Dr. Arriadna dalam sambutannya.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8222.jpg


VCT adalah singkatan dari voluntary counseling and testing, yaitu serangkaian tes untuk mengetahui apakah positif atau negatif mengidap HIV. Tes VCT bersifat rahasia dan sukarela, yang berarti keputusan untuk mengikuti tes sepenuhnya pilihan sendiri dan setiap orang memiliki hak untuk privasi mutlak. lanjutnya 


Jumlah kasus HIV dan AIDS di kota cilegon sejak tahun 2005 – bulan Desember 2018 sebanyak 761 kasus, dan 234 kasus meninggal dunia. Faktor resiko penyebab HIV/AIDS tertinggi dikota Cilegon adalah karena hubungan seksual. Selain melalui hubungan seksual data yanng meningkat secara signifikan adalah penemuan kasus pada lelaki seks lelaki (LSL) yang mengalami peningkatan dari tahun 2017 sebanyak 33 kasus dan pada tahun 2018 sebanyak 45 kasus.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8243.jpg


Melihat data tersebut yang mengalami peningkatan setiap tahun, menuntut perhatian semua pihak tidak hanya para tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetapi juga seluruh masyarakat kota cilegon. Demikian disampaikan Dr. Arriadna dalam sambutannya.


Sampai saat ini jumlah cakupan layanan untuk menjangkau populasi beresiko dari populasi beresiko tinggi (LSL, WARIA, WPS, IDU) masih tergolong rendah. Sosialisasi tentang layanan dan penyakit HIV/AIDS diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS sehingga akan meningkatkan kunjungan  kelayanan VCT untuk dilakukan pemeriksaan HIV/AIDS  dan dapat mencegah penularan kepada orang lain serta mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga tidak menimbulkan kematian, hal ini sejalan dengan rencana strategi program HIV/AIDS Getting to Three Zeroes ( Zero Kasus Baru, Zero Stigma & Diskriminasi dan Zero Kematian akibat AIDS).


Peningkatan kerjasama lintas sektoral yang ada di kota cilegon dengan harapan akan membantu dalam penanggulangan HIV/AIDS terutama dalam memberikan pengetahuan dan informasi terkait layanan yang dapat memberikan pelayanan pemeriksaan HIV/AIDS.


http://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8228.jpghttp://dinkes.cilegon.go.id/media/image/imgthumb/img_8238.jpg


 


Berita ini di publikasi oleh Subbag Program Informasi dan Humas Dinkes Cilegon

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id