Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Dinkes Adakan Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional (POR)

  • administrator
  • 2019-07-22
  • 02:19:00 WIB

Selasa 16 Juli 2019, bertempat di Aula Dinas kesehatan, Seksi Kefarmasian, Alkes & PKRT Bidang Pelayanan Kesehatan dan SDK mengadakan pertemuan Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional (POR).


Kegiatan pertemuan ini dihadiri sebanyak60 orang, yang terdiri dari dokter dan pengelola obat Puskesmas se-Kota Cilegon, serta perwakilan tenaga kesehatan yang berpraktek di Kota Cilegon baik di sarana pemerintah maupun swasta dengan Narasumber Candra Lesmana, S.Farm, Apt dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI dan dr.Yulianto Santoso,Sp.A  Dokter anak praktisi dari Yayasan Orang Tua Peduli.


Kepala Seksi Kefarmasian, Alkes & PKRT Riris Sinaga, S.Si,Aptmenjelaskan tujuan dari pertemuan Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional yaitu : 



  1. Memberikan pemahaman kepada peserta kegiatan mengenai : Prinsip penggunaan antibiotik, Penggolongan antibiotik dan Penggunaan antibiotik di sarana pelayanan kesehatan Sehingga penggunaan antibiotik bisa lebih rasional dan resistensi terhadap antibiotik dapat dihambat.

  2. Meningkatkan kompetensi Apoteker, Dokter dan pengelola obat di Puskesmas dalam melakukan praktek keprofesiannya terutama dalam pemilihan antibiotik yang dibutuhkan pasien secara rasional.



”Penggunaan obat rasional meliputi 2 aspek pelayanan yaitu : pelayanan medik oleh Dokter & pelayanan farmasi klinik oleh Apoteker. Untuk itu perlu sekali adanya kolaborasi yang sinergis antara Dokter dan Apoteker untuk menjamin keselamatan pasien melalui Penggunaan Obat Rasional (POR)” lanjutnya.


Dalam Sambutannya Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan dr. Kamilah Hafid Elfatah, mewakili Kepala Dinas Kesehatan, menyampaikan “Sejalan dengan program WHO, Indonesia sebagai bagian dari komunitas dunia yang berkomitmen untuk mengamankan antibiotik untuk generasi selanjutnya. Maka dengan diadakannya kegiatan hari ini, tidak lain merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan penggunaan antibiotik secara bijak (prudent use of antibiotics), sehingga didapat penggunaan obat secara rasional terutama pada penggunaan obat antibiotik.



Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id