Cilegon Smart City

Klik

Infokes Mobile Apps

Klik

e-Puskesmas

Klik

e-Farmasi

Klik

Panggilan Darurat 119

Klik

Dalam rangka Kajian pembiayaan kesehatan tingkat Kota Cilegon Tahun Anggaran 2019, Tim District Health Account (DHA) Kota Cilegon menganalisis anggaran Kesehatan dengan tools DHA, yang didefinisikan sebagai pencatatan arus dana kesehatan secara sistematis dan komprehensif dalam sistem kesehatan suatu Kabupaten/Kota dalam satu tahun tertentu. Pada tingkat provinsi disebut Provincial Health Account (PHA) dan National Health Account (NHA) pada tingkat nasional.


Hasil analisis Tim DHA Kota Cilegon dipaparkan dalam Lokakarya DHA yang digelar di Aula Setda Kota Cilegon pada Kamis 1 Agustus 2019, dengan menghadirkan narasumber drg. Doni Arianto, MKM (P2JK Kemenkes) dan Moderator Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Hj. Sri Rustiati, MS. Acara ini dibuka oleh Walikota Cilegon Drs.H.Edi Ariadi, Msi.


Dalam sambutannya Walikota Cilegon mengatakan DHA dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan untuk kebijakan alokasi anggaran perencanaan program kesehatan. Perencanaan kesehatan kedepan harus evidence based diantaranya dengan memanfaatkan data DHA sehingga Program Indonesia Sehat dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan dapat seluruhnya tercapai.



Kepala Dinas Kesehatan dr. Arriadna menambahkan, tujuan dari kegiatan ini adalah mendapatkan gambaran pembiayaan kesehatan secara menyeluruh di kota cilegon bersumber pemerintah dan non pemerintah dan sejumlah donor serta memanfaatkan hasilnya untuk perencanaan kegiatan ditahun berikutnya.


“Pelaksanaan DHA oleh Dinkes Kota Cilegon merupakan satu-satunya Kota yang menyelenggarakan kajian DHA, dan menjadi percontohan untuk kategori Kota oleh Kementerian Kesehatan di tingkat nasional” ungkap drg. Rully Kusumawardhany, MM Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan ini.


Sementara itu drg. Doni Arianto, MKM dari Pusat Pembiayaan Dan Jaminan Kesehatan Kemenkes memaparkan bahwa peningkatan belanja kesehatan di daerah seyogyanya diikuti dengan peningkatan capaian indikator kesehatan. Daerah harus terus didorong untuk memiliki pencatatan belanja kesehatan yang sistematis, komprehensif dan dapat diperbandingkan antar daerah guna mendukung perbaikan perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja. Dalam hal ini tools Health Account di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi (DHA/PHA-p) diharapkan bisa dimanfaatkan secara rutin dalam monitoring dan evaluasi pembiayaan bidang kesehatan di tiap wilayah.


Pelaksanaan DHA diharapkan tidak terbatas hanya pada tahap produksi mengumpulkan data dan menghasilkan angka-angka dan tabel namun harus didorong hingga dapat dimanfaatkan dalam translasi informasi (analisis lanjut) untuk perbaikan kebijakan kesehatan di wilayah kabupaten/kota/provinsi. Dengan demikian, proses koordinasi membangun kelembagaan harus terjadi pada tiap tahap institusionalisasi health account mulai dari produksi data – diseminasi – translasi data – pemanfaatan, pungkasnya.



Tim DHA Kota Cilegon Tahun 2019 terdiri dari Tim Inti (dr. H. Faisal, MARS; drg. Pebriant Damayanti; Jatnika Ramdhan; Ns. Susi Yulianti; S.Kep, Toyib, S.Far, Apt) dan Tim Tandom (Siti Nurul L, SE, MM; Andri Hermayadi, S,Si, Apt; Heri Supriyanto, A.Md Gz; Ami Hamdasah, SE, MM; Leny Suharti Anwar, SKM, MM)






Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id